Select Page
5 Pekerjaan yang Diperlukan di Era Metaverse

January 15, 2022

oleh : SYOFRI TAKA | sumber : https://blockchainmedia.id/5-pekerjaan-yang-diperlukan-di-era-metaverse/

Popularitas metaverse kian bersinar sejak semester akhir 2021, yang tampaknya akan segera menjadi sebuah sektor besar yang tentu saja, melibatkan banyak pekerjaan baru di sana.

Pekerjaan di Metaverse 

Bagaimana tidak, metaverse tentu akan mengubah bagaimana orang-orang melakukan bisnis, pekerjaan bahkan bersosialisasi, serta bersenang-senang antar sesama dalam dunia virtual yang menghubungkan jarak sejauh apa pun.

Model bisnis dan lainnya pun akan menyesuaikan sektor ini, sehingga tentu akan ada pekerjaan potensial yang bisa dikerjakan di sini.

Lalu, pekerjaan apa saja yang diperlukan di metaverse? Berikut adalah lima di antaranya:

Keamanan Siber 

tentu saja, di sektor yang baru dikembangkan ini akan ada “mata” jahat yang siap mencari kelemahan sistem untuk melakukan peretasan dan sebagainya.

Nantinya, di metaverse tentu pengguna akan memiliki avatar mereka sendiri, aset NFT dan bahkan beberapa hal “menarik” lain yang bisa dijadikan keuntungan bagi peretas untuk dijual.

Pekerjaan sebagai seorang petugas keamanan siber di metaverse akan sangat dibutuhkan untuk menutup celah para peretas untuk menyusup, bahkan mencuri akun ataupun aset NFT.

Tugas ini juga tidak hanya sekadar mengamankan sistem secara real-time, tetapi juga mengembangkan semacam aturan dan protokol untuk menjaga keamanan. Ini akan ditetapkan dan dikembangkan secara berkala sambil mengikuti perkembangan dunia virtual yang sedang diawasi.

Pakar Periklanan Digital 

Di metaverse, tentu saja data para pengguna dapat dikumpulkan dengan lebih “dalam” untuk digunakan sebagai baha  algoritma periklanan yang tepat. Persis seperti apa yang terjadi di Instagram dan Facebook.

Tentu saja, pakar periklanan digital di dunia virtual akan sangat diperlukan untuk menata segala hal menjadi lebih alami.

Apa yang dimaksud alami di sini adalah, iklan muncul dengan meminimalisir mengganggu pengguna. Dan juga, iklan yang datang harus lebih menyesuaikan minat dari pengguna yang melihatnya.Alih-alih berbentuk banner di sisi tampilan layaknya sosial media, di metaverse tentu iklan bisa hadir seperti di baliho, papan reklame dan sebagainya.

Selain itu, pakar pemblokiran iklan yang mengganggu juga diperlukan agar kenyamanan pengguna dapat diutamakan.

Penasihat Investasi Aset Digital

Banyaknya pilihan aset NFT di metaverse tentu akan menciptakan sebuah pekerjaan yang berbau konsultasi. Penasihat investasi yang ahli untuk aset tersebut adalah pekerjaan yang diperlukan.

Saat orang-orang awam memasuki sektor ini dan ingin berinvestasi, entah itu di properti atau tanah virtual, atau NFT khusus yang disediakan platform, tentu saja mereka akan kebingungan.

Memilih mana yang berpotensi menghasilkan pengembalian menarik akan menjadi tugas para penasihat dalam memberi saran masukan mengenai aset mana yang patut mereka ambil.

Tentu saja, ini tidak hanya melingkupi NFT dalam dunia virtual, tetapi juga bisa pada NFT yang dijual di marketplace, ataupun token yang ada di ekosistemnya.

Pembuat Perangkat Keras Metaverse 

Meski dikatakan sebagai dunia virtual, untuk mengaksesnya tentu diperlukan perangkat tambahan seperti perangkat virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan bahkan sensor untuk merasakan dunia virtual dengan lebih nyata.

Mengembangkan perangkat dan memperbaruinya tentu akan menjadi hal yang lumrah dilakukan saat metaverse benar-benar menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

Marketing Digital

Di sektor mana pun, kebutuhan tenaga pemasaran atau marketing sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup ekosistem.

Akan ada banyak persaingan antar penyedia layanan yang tentu saja membutuhkan peran terampil dari seorang marketing digital handal untuk menarik minat para pengguna.

Pekerjaan ini pun kemungkinan juga akan sering berkolaborasi dengan bidang periklanan untuk menonjolkan layanan yang ia sedang pasarkan. Ini adalah jantung semua bisnis.

Tentu saja, masih ada banyak lagi pekerjaan penting yang dibutuhkan di metaverse yang lebih kompleks dari segala sisi dibandingkan sosial media.

Mengikuti perkembangan sektor ini, tentu akan semakin terungkap lagi pekerjaan apa yang akan dibutuhkan nantinya. Mari kita saksikan. [st]

Related Articles

Stay Up to Date With The Latest News & Updates