Select Page
Ketua MPR RI menerima Ketua Umum Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) Dan Wakil Menteri Perdagangan RI

February 16, 2022

Dalam pertemuan ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung adanya gagasan Kementerian Perdagangan RI agar Indonesia bisa memiliki Bursa Kripto. Gagasan tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, selain gagasan disampaikan juga akan kepastian hukum, kepastian usaha dan perlindungan terhadap investor dan konsumen Kripto di Indonesia. Kehadiran Bursa Kripto Indonesia juga sangat penting untuk mengawasi perdagangan kripto dan memperkuat posisi Indonesia menjadi pusat ekonomi digital dunia khususnya di Asia.

Wamendag juga memaparkan bahwa sudah ada 11 perusahaan plus 4 perusahaan baru pedagang aset kripto yang terdaftar di BAPPETI. Selain itu, jumlah pelanggan aset kripto di Indonesia sudah mencapai 11,2 juta orang dimana jumlah tersebut melesat jauh dari tahun 2020 yang berkisar hanya 5 juta orang. Sepanjang tahun 2021 saja, transaksi aset kripto di Indonesia pun menyentuh di angka Rp. 859,4 triliun.

“Nilai tersebut baru dari transaksi perdagangan di dalam negri, masih banyak WNI khususnya milenial usia 30 tahunan yang melakukan transaksi perdagangan aset kripto di luar negri. Jika dijumlahkan seluruhnya, maka nilai transaksi perdagangan aset kripto di Indonesia dapat berkali lipat dari Rp. 859,4 triliun. Maka itu sangat penting bagi Indonesia untuk menghadirkan Bursa Kripto, sehingga bisa menarik para investor muda atau investor luar negri melakukan transaksi aset kripto di dalam negri” Tutur Bamsoet.

Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain Anggota MPR RI/ Komisi VI DPR RI Ichsan Firdaus, Anggota MPR RI/ Komisi IX DPR RI Darul Siska, Anggota MPR RI/ Komisi X DPR RI Robert Kardinal dan Ketua Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) Rafael Kardinal.

Related Articles

Bursa Kripto Indonesia Segera Meluncur, Ini Respons Asosiasi

Bursa Kripto Indonesia Segera Meluncur, Ini Respons Asosiasi

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan meluncurkan bursa kripto Digital Futures Exchange (DFX) paling lambat awal 2022. Bisnis.com, JAKARTA — Jelang pendirian bursa aset kripto di Indonesia, Tokocrypto menyambut baik langkah-langkah pemerintah...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates